Publish Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2023
Publish Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2023 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepahiang.
![Publish Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2023](https://disdukcapil.kepahiangkab.go.id/asset/foto_berita/Twibbon_Hari_Bahasa_Ibu_Internasional_20231107_143224_00001.jpg)
Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepahiang bertempat di ruang Rapat
Bupati mengadakan acara Publish Survey Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun
2023 bekerjasama dengan Universitas Bengkulu pada Kamis 21 September 2023, yang
menjadi Narasumber pada acara ini adalah Bapak Suratman, S.IP.,M.Si yang juga
merupakan Ketua Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Politik
Universitas Bengkulu. Secara keseluruhan nilai IKM yang diperoleh Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepahiang untuk Semester I Tahun 2023
adalah 86,45 atau Kategori Baik Dengan Rincian Sebagai
Berikut:
No |
Unsur pelayanan Baca Lainnya :
|
Nilai rata-rata (NRR) Per unsur |
Konversi nilai pe unsur |
Kategori kinerja per unsur |
U1 |
Kesesuaian antara persyarakat dan
jenis pelayanan |
3,45 |
86,49 |
B |
U2 |
Kemudahan prosedur pelayanan |
3,54 |
88,5 |
A |
U3 |
Kecepatan waktu pelayanan |
3,6 |
91 |
A |
U4 |
Kewajaran biaya pelayanan |
3,97 |
99,4* |
A |
U5 |
Kesesuaian antara SOP pelayanan dan
hasil pelayanan yang diberikan pelayanan |
3,55 |
88,9 |
A |
U6 |
Kemampuan petugas pelayanan |
3,46 |
86,5 |
B |
U7 |
Perilaku petugas pelayanan |
3,37 |
84,2 |
B |
U8 |
Kualitas sarana dan prasarana
pelayanan |
3,37 |
84,28 |
B |
U9 |
Penanganan pengaduan pengguna layanan |
3,076 |
76,9** |
B |
|
Nilai IKM dikonvesi 3,45 |
|
|
|
|
Nilai
IKM setelah dikonversi 86,45 |
|
B |
“
Yang harus menjadi perhatian dan untuk ditingkatkan di masa yang akan datang
adalah unsur 9 yaitu penanganan pengaduan pengguna layanan karena dari
kesembilan unsur pelayanan yang masih memiliki nilai rata-rata terendah adalah
unsur 9 yaitu sebesar 76,9”, jelas Suratman.
Acara
ini dihadiri oleh Asisten III, Komisi I DPRD Kabupaten Kepahiang, Kepala
Bappeda, Para Camat, Perwakilan Dari Dinas PMD, DPMPTSP dan Badan Keuangan
Daerah. “Dinas Dukcapil bukan pelayanan dasar tetapi menjadi dasar untuk semua
pelayanan. Diperlukan adanya sinergisitas dengan OPD-OPD lain, berkaitan dengan
peningkatan pelayanan pemenuhan kebutuhan dokumen Administrasi Kependudukan di Kabupaten
Kepahiang sehingga kita dapat sama-sama mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk
(#GISA)” pungkas Ardiansyah, SH.,M.H. selaku Kepala Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Kepahiang.